You are currently viewing Mahasiswa FKM Untika Luwuk Latih SKM Cilik

Mahasiswa FKM Untika Luwuk Latih SKM Cilik

LUWUK, LUWUK POST-Upaya Fakultas Kesehatan Masyakat (FKM) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk untuk terlibat dalam memberikan edukasi kesehatan bagi masyarakat terus dilakukan.

Fakultas pimpinan Ramli Bidullah itu, berkomitmen menjadikan edukasi itu sebagai wadah agar mahasiswa bisa belajar langsung dan bisa mengimplentasikan ilmu pengetahuan yang bersifat teori kepada masyarakat.

Kali ini, proses edukasi kesehatan itu memanfaatkan momen Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III. Melalui  kegiatan ini mahasiswa FKM Untika melatih para siswa SD untuk menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) Cilik. Salah satunya di Kecamatan Balantak Selatan.

“Melatih siswa SD menjadi SKM Cilik ini sudah menjadi program rutin setiap pelaksanaan PBL,” kata Dekan FKM Untika, Ramli Bidullah, Selasa (16/9).

Ramli menjelaskan, para SKM cilik ini dilatih untuk bisa menerapkan pola hidup sehat, yakni cuci tangan. Kedepannya, SKM ciliklah yang akan memberikan penyuluhan kepada teman seangkatannya. Bahwa cuci tangan itu sangat penting. “Mereka ini akan menjadi contoh bagi teman-teman sekolahnya,” jelasnya.

Untuk mendapatkan SKM Cilik ini, para mahasiswa FKM memilih lima siswa SD untuk  dilatih. Dan ini sudah menjadi program wajib bagi semua posko PBL. “Ini akan terus kita lakukan. Kedepannya, kita akan masuk di SMA. Kita akan melaksanakan Karaktek Kesehatan Sekolah (KKS),” jelasnya. (leb)

Tinggalkan Balasan