You are currently viewing Bupati Ingin Untika Luwuk Jadi Universitas Negeri

Bupati Ingin Untika Luwuk Jadi Universitas Negeri

BANGGAI RAYA-* Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka selaku Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Tompotika, memiliki komitmen dan harapan besar agar Universitas Tompotika (Untika) Luwuk menjadi perguruan tinggi yang maju dan sejajar dengan perguruan tinggi lain.

Bahkan, orang nomor satu di Banggai itu berharap kampus biru yang saat ini dipimpin Rektor Taufik Bidullah bisa menjadi univesitas negeri yang ada di daerah ini. Potensi ini sangat memungkinkan dengan letak yang sangat strategis.

“Kedepan Untika Luwuk bisa menjadi universitas negeri. Karena potensi ini sangat memungkinkan, kita yang berada di Indonesia bagian timur, kita (Banggai) diapit oleh beberapa kabupaten. Sangat memungkinkan untuk itu (jadi negeri, Red),” ujar Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam sambutannya di acara pelantikan Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah untuk periode 2021-2024, Senin (6/12/2021) di aula Rapat Senat Untika Luwuk.

Olehnya kata Bupati, semua civitas akademika di kampus biru harus bersinergi mendukung Taufik Bidullah selaku rektor dalam rangka mewujudkan cita-cita yang sangat tinggi itu, untuk membangun universitas terbaik di Indonesia.

Sebelumnya, Bupati Amirudin juga menyebutkan, akhir-akhir ini begitu banyak keluhan yang datang dari Untika Luwuk terutama adik-adik mahasiswa. Keluhan itu sekaitan dengan adanya gedung kampus yang belum selesai sampai saat ini. “Di masa kepemimpinan Taufik Bidullah, semoga
semua ini bisa diselesaikan dan dituntaskan dengan baik,” harapnya.

Tidak hanya pada penyelesaian gedung kampus kata Bupati, tapi Untika Luwuk akan terus dikembangkan. Bahkan beberapa kali pertemuan yang telah dilakukan, Bupati meminta kampus Untika Luwuk untuk mencari lahan minimal 30 hektare untuk pengembangan kampus 2. “Karena untuk mengembangkan di tempat ini, rasanya sudah sangat sempit. Mudah-mudahan yang ada ini bisa jadi kampus satu nantinya,” tutur Bupati.

Bupati Amirudin juga menegaskan kepada civitas akademika Untika Luwuk tidak perlu khawatir dengan dukungan Pemda Banggai. Karena sangat jelas kata dia, visi misi Pemda Banggai yang pertama adalah bagaimana mewujudkan sumber daya manusia berkualitas.

Untuk meningkatkan SDM berkualitas sebut Bupati, tidak bisa jika tidak melalui pendidikan dan kehadiran dilantiknya Taufik Bidullah sebagai rektor, diharapkan sinergitas terus terbangun.

“Insya Allah sekuat tenaga saya, bagaimana pun caranya dan sumbernya saya akan berupaya untuk Untika Luwuk agar sejajar dengan universitas lain. Saya punya cita-cita besar, meskipun masa jabatan ini singkat, tapi saya ingin ada cendera mata yang saya berikan untuk Untika Luwuk,” terang Bupati.

Bupati yang juga Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Tompotika Luwuk itu berharap, agar Taufik Bidullah setelah dilantik ini bisa langsung tancap gas, sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud.

“Saya kemarin juga setelah dilantik, langsung tancap gas. Meskipun masih banyak remnya. Kenapa banyak remnya? Karena adanya keterbatasan dalam penerapan kebijakan utamanya kebijakan keuangan. Tapi Alhamdulillah untuk anggaran (APBD) tahun 2021, yang Rp1,8 triliun jadi Rp2,4 triliun,” jelasnya.

Dari APBD Rp2,3 triliun ini tambah Bupati, di dalamnya sudah dialokasikan bantuan untuk Untika Luwuk. Olehnya, diharapkan nantinya bantuan itu dapat digunakan sebaik-baiknya untuk membawa Untika menjadi universitas ternama di timur Indonesia. “Minimal di Sulteng. Kami harap Untika bisa duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan universitas lainnya,” harapnya.

Usai pelantikan, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka juga menyempatkan diri untuk melihat pembangunan kampus biru Untika Luwuk yang sudah lama terbengkalai. Ini menjadi komitmennya untuk menyelesaikan pembangunan di kampus tersebut. (*)

Penulis: Jajad

Sumber : https://banggairaya.id/bupati-ingin-untika-luwuk-jadi-universitas-negeri/

Tinggalkan Balasan